Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

Terimal 3 Ultimate Bandara Soekarno – Hatta dmemiliki panjang 1 kilometer dan luas bangunan 422.806 m² dengan tinggi bangunan 50 meter dan juga dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Terminal ini juga dilengkapi dengan ratusan CCTV dengan sistem  Airport Security System (ASS) yang berfungsi layaknya intelijen yang dapat mendeteksi wajah penumpang pesawat atau pengunjung bandara yang masuk daftar pihak berwajib. Terminal ini terdiri dari 5 lantai, lantai pertama atau paling bawah ialah terminal kedatangan, lantai dua sebagai terminal keberangkatan dan lantai lainnya sebagai lounge dan perkantoran. Terminal 3 juga dilengkapi garbarata ganda khusus pelayanan pesawat super jumbo ‎layaknya Airbus 380.\
(Gambar bangunan bandara 3 ultimate Soekarno-Hatta)
            Mengenai moda transportasi yang nantinya menjadi pilihan para penumpang, PT Angkasa Pura II menyiapkan dua moda transportasi, yaitu bus dan kereta monorel. Monorel‎ ini nantinya akan menghubungkan dari Terminal 3 Ultimate ke Stasiun Bandara dan beberapa terminal lainnya. Tak hanya itu, tidak perlu ke luar bandara, bahkan keluar terminal, di dalam terminal ini juga difasilitasi dengan hotel. Hotel ini terletak di sisi kanan dan kiri terminal di bagian depan. Sisi kanan dan kiri terminal juga dilengkapi dengan fasilitas parkir bertingkat.
Terminal 3 ini nantinya didesain dengan konsep art and culture. Terminal itu akan disajikan beberapa ornamen-ornamen yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia, salah satunya batik. Di dalam terminal juga terdapat tempat santai yang bisa dijadikan berbagai pameran yang bisa dinikmati para penumpang.

(Gambar denah seluruh Bandara Soekarno-Hatta
            Terminal 3 Ultimate ini juga memiliki Baggage Handling System (BHS) level 5 yang bisa mendeteksi bahan peledak atau bom. Jadi apabila ada barang yang terdeteksi bom, maka akan langsung dimasukkan ke bom blanket untuk ditindaklanjuti oleh pihak berwenang. Lalu terminal besar yang secara fisik dan fasilitas sama dengan Bandara Changi di Singapura ini memiliki Intelligence Building Management System (IBMS). Teknologi ini membuat Terminal 3 menjadi bangunan yang mengusung konsep eco green. Sehingga dapat mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik dan sebagainya. Rain Water System yang mampu mengolah air hujan untuk digunakan sebagai air bersih. Recycle Water System yang mampu mengolah air toilet untuk kembali menjadi air toilet untuk menghemat air.

sumber :
- http://www.bbc.com/indonesia/multimedia/2016/08/160809_galeri_soekarnohatta3
- http://news.detik.com/indeksfokus/1779/selamat-datang-di-terminal-3/berita

Posting Komentar