Pengertian, Jenis dan Fungsi Pokok Bangunan

Pengertian Bangunan

Bangunan adalah struktur buatan manusia yang terdiri atas dinding dan atap yang didirikan secara permanen di suatu tempat. Bangunan juga biasa disebut dengan rumah dan gedung, yaitu segala sarana, prasarana atau infrastruktur dalam kebudayaan atau kehidupan manusia dalam membangun peradabannya. Bangunan memiliki beragam bentuk, ukuran, dan fungsi, serta telah mengalami penyesuaian sepanjang sejarah yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti bahan bangunan, kondisi cuaca, harga, kondisi tanah, dan alasan estetika.

Jenis Bangunan

Bangunan teknik sipil terbagi menjadi :
1.    Bangunan teknik sipil kering
      Meliputi : bangunan rumah, gedung-gedung, monumen, pabrik, rumah ibadah dan sebagainya.
2.  Bangunan teknik sipil basah
      Meliputi : bendungan, saluran air, dermaga pelabuhan, turap, jembatan dan sebagainya.
Jenis bangunan juga dibagi menjadi 3 bagian besar oleh Direktorat Jendral yaitu bangunan gedung, bangunan air dan jalan jembatan.

Bangunan Teknik Sipil Kering

      Bangunan Rumah
              Rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga. (UU No. 4 Tahun 1992 Tentang Perumahan dan Permukiman).
(Gambar bangunan rumah)
      Gedung- gedung
             Bangunan gedung adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan/atau di dalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukan kegiatannya, baik untuk hunian atau tempat tinggal, kegiatan keagamaan, kegiatan usaha, kegiatan sosial, budaya, maupun kegiatan khusus.
(Gambar bangunan gedung hotel)

      Monumen
               Monumen ialah jenis bangunan yang dibuat untuk memperingati seseorang atau peristiwa yang dianggap penting oleh suatu kelompok sosial sebagai bagian dari peringatan kejadian pada masa lalu. Seringkali monumen berfungsi sebagai suatu upaya untuk memperindah penampilan suatu kota atau lokasi tertentu.
(Gambar monumen nasional atau Monas)
      Pabrik
            Pabrik adalah suatu bangunan industri besar di mana para pekerja mengolah benda atau mengawasi pemrosesan mesin dari satu produk menjadi produk lain, sehingga mendapatkan nilai tambah.
(Gambar bangunan pabrik)

      Bangunan Ibadah
            Bangunan ibadah adalah bangunan yang didirikan untuk umat beragama melangsungkan acara keagamaan atau ibadah menurut kepercayaan mereka masing-masing.
(Gambar bangunan ibadah yaitu gereja)

Bangunan Teknik Sipil Basah

      Bendungan
            Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Bendungan juga biasanya dipakai untuk irigasi atau pengairan Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.

(Gambar bendungan air)
      Saluran Air atau Selokan
                Selokan adalah saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan/atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan. Selokan umumnya terdapat di pinggir jalan, didesain untuk mengalirkan kelebihan air hujan dan air permukaan dari jalan raya, tempat parkir, sisi jalan, dan atap.
(Gambar saluran air atau selokan)
      Dermaga Pelabuhan
            DERMAGA merupakan bangunan yang dirancang khusus pada suatu pelabuhan yang digunakan atau tempat kapal untuk ditambatkan/merapat untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang dan penumpang kapal. Bukan Cuma sebagai tempat untuk melakukan tempat bongkar muat barang atau penumpang tetapi dermaga juga digunakan sebagai tempat melakukan pengisian bahan bakar kapal, air bersih, air minum ataupun saluran kotor.
(Gambar dermaga sederhana)
      Jembatan
            Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, sungai, danau, kali, jalan raya, jalan kereta api, saluran irigasi dan pembuang . Jalan ini yang  melintang yang tidak sebidang dan lain-lain.
(Gambar jembatan jalan raya)

Fungsi Pokok Pembuatan Bangunan

Fungsi pembuatan bangunan yang terpenting ialah agar setiap bangunan kuat, dan tidak mudah rusak, sehat untuk ditempati, di samping biayanya relatifmurah. Untuk mendapatkan bangunan kuat dan murah tidak perlu konstruksinya terlalu berlebihan. Bila demikian tidak sesuai dengan tujuan dan merupakan pemborosan. Konstruksi bangunan harus diperhitungkan secara teliti berdasarkan syarat-syarat bangunan termasuk perhitungan yang menunjang misalnya mekanika teknik. Keawetan suatu bangunan juga tergantung bahan 172 bangunan yang digunakan, pelaksanaan dalam pembuatan, dan
Juga perawatannya. Di samping hal tersebut di atas faktor lain yang berpengaruh dan perlu mendapatkan perhatian adalah air tanah, gempa bumi, angin, dan sebagainya.


Sumber :
  • http://karyatulisilmiah.com/pengertian-definisi-bangunan-tinggi/
  • http://nikifour.co.id/jenis-jenis-bahan-bangunan-yang-banyak-digunakan/
  • http://arafuru.com/sipil/bagian-bagian-konstruksi-bangunan-dari-pondasi-sampai-atap.html
  • http://www.trigonalmedia.com/2015/07/pengertian-pembangunan-fisik.html

2 komentar

Di bogor ada Kontraktor bekisting, CV. HUTAMA LOGAM JAYA, alamatnya

Jl. Perjuangan no.7 Bojong nangka, Gunung Putri.

Alat nya lumayan lengkap, Scaffolding, Ringlock, PCH, Angkur, Column Waller, Steel Waller, Catwalk, Stair, Pipa, Hollow Double, Pipa Double, Suri Suri, Gelagar, Double UNP, Jack Base, U-Head, Tie Rod, Base Plate, Wing Nut, Fixed Clamp, Swivel Clamp, baji, Wedge, WHP, Monas, Angkur, Sabuk Kolom, Ashiba, tembereng, bodeman dan lain-lain.

Termasuk paling murah harga sewa alat CV. HUTAMA LOGAM JAYA

saya masih simpen kontaknya : 0895-0345-8224 (wa.me/6289503458224)

https://goo.gl/maps/mfrx3MeNJHy

semoga komentar saya bermanfaat untuk mandor, pemborong maupun kontraktor sipil

Reply

Posting Komentar