PENGARUH NEGATIF DAN POSITIF HANDPHONE BAGI GENERASI MUDA

Telepon merupakan bentuk teknologi informasi sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada era globalisasi saat ini, salah satu jenis telepon yang digunakan adalah telepon genggam atau handphone. Handphone sendiri memiliki sejarah perkembangan dari awal ada sampai saat ini. Jenis handphone yang terbaru adalah gadget berbasis android yang marak digunakan saat ini.
Seperti teknologi informasi lain, handphone memiliki pengaruh terhadap masyarakat dan generasi muda. Generasi muda sebegai subjek yang paling sering menggunakan handphone harus dapat menggunakannya secara dewasa. Pengaruh yang positif dan negatif pada handphone harus diketahui dan disikapi oleh generasi muda.
Pengaruh negatif handphone bagi generasi muda :
  1. Fasilitas internet yang terdapat dalam handphone membuat generasi muda terlalu asyik sehingga lupa waktu. Jejaring sosial seperti instagram, twitter, periscope dan lain-lain sebegai contohnya.
  2. Efek radiasi dari handphone yang mengganggu kesehatan generasi muda.
  3. Handphone digunakan sebagai sarana mencontek, baik mencontek dari teman maupun dari website internet.
  4. Dapat menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat. Generasi muda yang terlalu asyik dengan handphone melupakan pergaulan dengan teman yang merupakan hal yang penting.
  5. Terbentuknya sifat hendonisme pada generasi muda. Generasi muda selalu ingin membeli handphone terbaru sehingga menghabiskan biaya yang banyak.
  6. Rawan akan tindak kejahatan. Handphone merupakan barang yang mudah dijual, oleh karena itu, banyak tindak kejahatan untuk mencuri handphone.
\
(Gambar generasi muda yang sibuk dengan handphonenya masing-masing)

Adapun pengarun positif handphone sendiri ialah :
  1. Menjadi alat komunikasi jarak jauh yang digunakan generasi muda untuk berinteraksi dengan orang tua, saudara dan teman-teman.
  2.  Sebagai alat untuk mendapatkan informasi. Selain mendapatkan informasi dari orang lain, handphone yang memiliki akses internet juga dapat membuat generasi muda mendapatkan informasi dari internet tersebut.
  3. Handphone dapat menyimpan data dan mudah dibawa kemana-mana.
  4. Fitur-fitur yang dimiliki handphone bisa menjadi hiburan bagi generasi muda, contohnya ialah media sosial, musik atau MP3, games.
  5.  Dapat menjadi sarana berbisnis atau melalukan kegiatan jual-beli secara online.
  6.  Menjadi akses dalam mencari sesuatu yang baru, seperti teman baru, lokasi suatu tempat dan berita-berita terbaru.

Sumber      :




Posting Komentar