FESTIVAL KEJAM DI YULIN, CHINA

                       Di Yulin, provinsi Guangxi, China terdapat sebuah festival tradisi yang membuat dunia menjadi prihatin. Festival daging anjing dan leci atau lebih dikenal sebagai festival daging anjing Yulin ini diselenggarakan pada tanggal 22 Juni setiap tahunnya. Festival daging anjing Yulin merupakan sebuah perayaan tahunan di Yulin untuk menyambut musim panas dengan memakan daging anjing yang dikombinasikan dengan leci dan alkohol. Sadisnya, ada sekitar 10.000 anjing yang disiksa, direbus hidup-hidup, dan dimasak secara kejam.
(Gambar anjing-anjing yang akan dimasak pada festival daging anjing Yulin)
               Mengapa harus anjing yang dikonsumsi pada festival ini? Kepercayaan di China mengatakan bahwa jika mengkonsumsi daging dapat membawa keberuntungan. Selain dipercaya membawa keberuntungan, mengkonsumsi daging anjing juga dipercaya dapat menangkal panasnya musim panas yang akan datang. Banyak sumber yang mengatakan bahwa mengkonsumsi daging anjing di China merupakan tradisi dari 500 tahun yang lalu, namun untuk festival di Yulin sendiri dikabarkan baru berlangsung selama empat sampai lima tahun belakangan ini. Pihak aktivis hewan mengaku, munculnya festival ini merupakan cara dari para pedagangan daging anjing agar dagangan mereka laku.

(Gambar masyarakat Yulin sedang mengolah anjing untuk dimakan)
           Tidak hanya anjing saja, kucing juga menjadi korban untuk dimasak pada festival ini. Anehnya, anjing-anjing dan kucing-kucing ini tidak disiapkan khusus untuk menyambut festival ini. Kebanyakan anjing-anjing dan kucing-kucing tersebut merupakan hasil curian. Masih banyak anjing dan kucing yang saat akan dimasak masih memakai kalung dari majikan mereka. Cara pengolahan daging anjing pun ada yang tidak higienis, karena pada saat penangkapan dengan cara diracuni dan tidak dibersihkan secara benar.
(Gambar masyarakat Yulin menyantap daging anjing pada festival tersebut sambil meminum bir)
                 Ada beberapa kelompok masyarakat di China yang menolak festival daging anjing di Yulin ini diberhentikan. Ada pula pihak yang tetap mendukung adanya festival ini dengan alasan bahwa tradisi China harus dilestarikan dan diteruskan. Pihak pemerintah lokan Yulin sendiri menyangkal keterlibatan atau dukungan terhadap festival ini. Pemerintak Yulin juga mengatakan bahwa festival tersebut merupakan kebiasaan sebagian kecil warga Yulin yang hanya digunakan untuk mendapat keuntungan bagi penduduk dan pengusaha lokal.

Sumber :

  • http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/06/150622_trensosial_anjing
  • http://www.bintang.com/lifestyle/read/2256476/7-fakta-buktikan-festival-daging-anjing-yulin-kejam-tak-terkira
  • http://dunia.rmol.co/read/2015/06/19/206880/Festival-Makan-Daging-Anjing-Yulin-Warisan-Kuno-Tiongkok-
  • http://news.detik.com/berita/2949496/ini-alasan-warga-yulin-china-ltigtngototltigt--siksa-dan-makan-daging-anjing

            

Posting Komentar