Pengaruh Perkembangan Handphone Terhadap Generasi Muda



TUGAS
ILMU SOSIAL DASAR
PENGARUH PERKEMBANGAN HANDPHONE TERHADAP GENERASI MUDA
DISUSUN :
NAMA      : LUDHAN WIJAYA
         NPM          : 13315872
KELAS       : 1TA07
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015



KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan penyertaan-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini. Saya berterima kasih kepada Bapak Emilianshah Banowo yang telah memberikan tugas makalah ini sebagai bahan pembelajaran saya mengenai perkembangan teknologi informasi.
Dengan selesainya makalah ini, saya berharap dapat menambah pengetahuan, wawasan dan informasi pembaca mengenai pengaruh perkembangan handphone terhadap generasi muda saat ini .  Semoga makalah yang jauh dari sempurna ini dapat membantu kita dalam mengetahui pengaruh positif dan negatif serta membuat kita memiliki sikap dewasa menggunakan teknologi informasi sebagai sesuatu yang berguna.

Pondok Aren, November 2015

Penyusun




Bab 1
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang
Teknologi Informasi pada era globalisasi sudah sangat berkembang pesat. Perkembangan ini membuat masyarakat termasuk generasi muda dapat mengakses atau mendapatkan informasi secara mudah dan cepat. Bentuk-bentuk teknologi informasi yang ada antara lain internet, fax, radio, televisi dan telepon.
Telepon sebagai bentuk teknologi informasi sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada era globalisasi saat ini, salah satu jenis telepon yang digunakan adalah telepon genggam atau handphone. Handphone sendiri memiliki sejarah perkembangan dari awal ada sampai saat ini. Jenis handphone yang terbaru adalah gadget berbasis android yang marak digunakan saat ini.
Seperti teknologi informasi lain, handphone memiliki pengaruh terhadap masyarakat dan generasi muda. Generasi muda sebegai subjek yang paling sering menggunakan handphone harus dapat menggunakannya secara dewasa. Pengaruh yang positif dan negatif pada handphone harus diketahui dan disikapi oleh generasi muda.
1.2  Rumusan Masalah
·         Apa sejarah perkembangan handphone sebagai salah satu bentuk teknologi informasi?
·         Apa pengaruh positif handphone terhadap generasi muda saati ini?
·         Apa pengaruh negatif handphone terhadap generasi muda saat ini?
·         Apa akibat yang ditimbulkan oleh handphone?
1.3  Tujuan
·         Mengetahui sejarah perkembangan handphone sebagai bentuk teknologi informasi.
·         Mengetahui pengaruh positif handphone terhadap generasi muda.
·         Mengetahui pengaruh negatif handphone terhadap generasi muda.
·         Mengetahui akibat yang ditimbulkan oleh handphone.


 
Bab 2
Pembahasan
2.1 Sejarah Perkembangan Handphone
            Penemu sistem telepon genggam atau handphone yang pertama adalah Martin Cooper, seorang pekerja dari Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun sering disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Akhirnya sebuah handphone pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk membuatnya,  Pabrikan Motorola membutuhkan biaya kurang lebih US$1 juta.
Handphone generasi pertama yang dibuat Cooper pada 3 April 1973 disebut 1G. 1G memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gram. Teknologi yang digunakan 1G bersifat analog dan dikenal dengan AMPS. Frekuensi yang digunakan AMPS ialah 825Mhz-894Mhz dan dioperasikan pada Band800 Mhz. Kekurangan 1G terletak pada ukurannya yang terlalu besar dan kinerja baterai yang kurang baik serta jangkauan area telepon genggam yang terbatas.
Pada tahun 1990-an, munculah handphone generasi kedua yaitu 2G.  2G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM. 2G yang menggunakan teknologi GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar karena memiliki frekuensi standar 900 MHz dan frekuensi 1800 Mhz. Sinyal analog yang ada pada 1-G sudah diganti dengan sinyal digital yang dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS (Short Message Service). Keunggulan 2G terdapat pada ukuran dan berat yang lebih kecil karena menggunakan teknologi chip digital dan sinyal radio yang rendah, sehinggal mengurangi efek radiasi.
Handphone generasi ketiga disebut 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. 3D memiliki 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband –CDMA, dan CMA2000. Kelemahan 3D ialah biaya yang tinggi dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini. Hal menarik dari 3D ialah adanya sistem opeasi yang membuat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati PC. Sistem operasi yang digunakan antara lain Symbian, Android dan Windows Mobile.
Handphone generasi keempat disebur Fourth Generation (4G). 4G merupakan yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadbang (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Keunggulan 4G ialah heterogenitas jaringan IP yang membuat pengguna menggunakan beragam sistem kapan dan dimana saja, kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global dan fleksibilitas untuk menjelajahi teknologi berbeda. 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti video, conferencing, game online, dan lain-lain.
2.2 Pengaruh Positif Handphone terhadap Generasi Muda
Handphone yang digunakan sehari-hari memiliki pengaruh positif terhadap generasi muda, antara lain :

  • ·         Menjadi alat komunikasi jarak jauh yang digunakan generasi muda untuk berinteraksi dengan orang tua, saudara dan teman-teman.

  • ·         Sebagai alat untuk mendapatkan informasi. Selain mendapatkan informasi dari orang lain, handphone yang memiliki akses internet juga dapat membuat generasi muda mendapatkan informasi dari internet tersebut.

  • ·         Handphone dapat menyimpan data dan mudah dibawa kemana-mana.

  • ·         Fitur-fitur yang dimiliki handphone bisa menjadi hiburan bagi generasi muda, contohnya ialah media sosial, musik atau MP3, games.

  • ·         Dapat menjadi sarana berbisnis atau melalukan kegiatan jual-beli secara online.

  • ·         Menjadi akses dalam mencari sesuatu yang baru, seperti teman baru, lokasi suatu tempat dan berita-berita terbaru.



2.3 Pengaruh Negatif Handphone terhadap Generasi Muda
            Disamping dampak positif, handphone tidak terlepas dari dampak negatif yang tidak baik bagi generasi muda, antara lain :

  • ·         Fasilitas internet yang terdapat dalam handphone membuat generasi muda terlalu asyik sehingga lupa waktu. Jejaring sosial seperti instagram, twitter, periscope dan lain-lain sebegai contohnya.

  • ·         Efek radiasi dari handphone yang mengganggu kesehatan generasi muda.

  • ·         Handphone digunakan sebagai sarana mencontek, baik mencontek dari teman maupun dari website internet.

  • ·         Dapat menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat. Generasi muda yang terlalu asyik dengan handphone melupakan pergaulan dengan teman yang merupakan hal yang penting.

  • ·         Terbentuknya sifat hendonisme pada generasi muda. Generasi muda selalu ingin membeli handphone terbaru sehingga menghabiskan biaya yang banyak.

  • ·         Rawan akan tindak kejahatan. Handphone merupakan barang yang mudah dijual, oleh karena itu, banyak tindak kejahatan untuk mencuri handphone.

2.4 Akibat yang ditimbulkan Handphone
            Handphone mengakibatkan generasi muda mengalami perubahan sikap dan perilaku. Perubahan sikat dan perilaku tersebut antara lain :

  • ·         Hilangnya rasa perhatian.

Generasi muda cenderung lebih memperhatikan handphone dan dunia maya. Kehidupan nyata seperti bergaul, berkomunikasi dengan sesama dan orang tua terlupakan.

  • ·         Menurunkan konsentrasi.

Pengguanaan handphone yang terlalu lama membuat generasi muda berkonsentrasi hanya pada hal-hal dalam handphone. Sehingga sewaktu harus berkonsentrasi dengan hal lain, generasi muda cenderung kesulitan.

  • ·        Melupakan Tugas dan Kewajiban.

Generasi muda yang terlalu fokus dan asyik dengan handphone dapat melupakan tugas dan kewajibannya. Sehingga tidak heran jika dalam prestasi belajar maupun pekerjaan generasi muda menurun.



Bab 3
Penutup
3.1 Kesimpulan
            Handphone sebagai salah satu bentuk teknologi informasi memiliki pengaruh positif dan negatif serta akibat yang bisa mempengaruhi sikap dan perilaku generasi muda saat ini.
3.2 Saran
            Diperlukan sikap yang dewasa dari generasi muda dalam menggunakan handphone sebagai bentuk teknologi informasi. Gunakanlah handphone secara positif dan jauhkan pengaruh negatif handphone agar generasi muda dapat terus menambah informasi dan wawasan untuk masa depan.





Daftar Pustaka




2 komentar

Thanks infonya. Oiya ngomongin generasi muda, ternyata miliarder kenamaan Michael Bloomberg punya pesan penting loh agar kaum muda bisa meraih sukses. Apa itu? Yuk cek selengkapnya di sini: Pesan Michael Bloomberg kepada generasi muda

Reply

Posting Komentar