Bertha Mesin Bor Terbesar



             Seperti yang kita ketahui, bor merupakan mesin atau alat yang bekerja secara memutar pada sumbu mata bor untuk membuat lubang. Banyak sekali jenis bor, dari bor kecil seperti bor tangan, bor besar untuk pembuatan pondasi seperti Bore Pile Mini Crane, dan bor super besar untuk pembuatan terowongan dan MRT (Mass Rapid Transit) yang dinamakan Bertha.
            Bertha merupakan Tunnel Boring Machine yang dibuat di Jepang dan dirakit di Amerika. Jepang memerlukan waktu selama 2 tahun dalam pembuatan Bertha. Bertha memiliki panjang 100 meter, lebar 18 meter dan berat mencapai 7000 ton. Kecepatan mesin ini dalam pengeboran terowongan ialah 12 meter dalam satu hari dan memerlukan 25 ribu tenaga kuda untuk memutar mata bor.

                           -Gambar Bertha TMB di Jepang untuk pengeboran di Seattle, Amerika-

             Dalam pembuatan suatu terowongan, jika terjadi kesalahan sedikit saja dapat berakibat buruk, apalagi dengan penggunaan Bertha yang begitu besar. Di Seattle, Amerika tahun 2013, terdapat pembangunan terowongan yang sebelumnya pernah runtuh menggunakan Bertha. Terowongan itu nantinya akan digunakan sebagai jalan raya bawah tanah di Seattle. Walaupun besar dan memiliki tenaga yang luar biasa, Bertha tetaplah buatan manusia yang pastinya memiliki kekurangan. Saat mencapai kedalaman 1000 feet atau 304,8 meter dalam pengeboran, Bertha terhenti seperti terhalang suatu benda yang sangat keras.  Setelah diselidiki, benda tersebut adalah sebuah batu raksasa yang diperkirakan berusia 17000 tahun. Akibatnya, pekerjaan tersebut tertunda sangat lama, para pekerja memerlukan waktu 2 tahun hingga akhir Maret 2015 hanya untuk mengeluarkan Bertha dari perut kota Seattle.
                                         
                                             -Gambar Bertha yang terhalang batu raksasa-


            Pembangunan MRT di Jakarta juga menggunakan Bertha untuk pengeborannya. Untuk menghindari terjadinya kendala dalam proses pengeboran seperti di Seattle, Amerika, PT MRT Jakarta telah melakukan soil test untuk mengetahui kondisi tanah yang akan dibor. Pada Agustus lalu, Bertha telah dirakit di bundaran Senayan dan telah beroperasi pada September lalu. Semoga pembangunan MRT Jakarta dapat berjalan lancar dan nantinya dapat beroperasi dengan baik.
                                    
                                      -Gambar perakitan Bertha TBM di bundaran Senayan-
sumber :
  • http://www.balabala10.com/2013/12/benda-misterius-hentikan-mesin-pengebor.html
  • http://www.merdeka.com/foto/dunia/ini-mesin-bor-terbesar-sejagat-yang-mandek-gara-gara-benda-misterius.html
  • http://news.detik.com/berita/2924040/kisah-bertha-bor-raksasa-yang-nyangkut-di-perut-kota-seattle-selama-2-tahun
  • http://obengplus.com/articles/3054/1/Mesin-bor-terbesar-Bertha-untuk-pembuatan-terowongan-double-decker.html#.Voso_Fmqm01

2 komentar

wow bor yang besar.. ternyata melubangi bawah tanah menggunakan bor itu toh.. besar banget..

ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat website gratis yukk disini saja.

Reply

Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

Mobile : 0813-1084-9918
Whatsapp : 0813-1084-9918
name : Tommy. K
Email1 : tommy.transcal@gmail.com

Reply

Posting Komentar